. -=[A]rep | [P]orah | blog'[S]=-: Hasil PTK tentang PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE KOMBINASI QUESTION STUDENT HAVE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012
Dapatkah Engkau Selalu Menjagaku Dan Mampukah Engkau Mempertahankanku

7/24/2012

Hasil PTK tentang PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE KOMBINASI QUESTION STUDENT HAVE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012




Bakti Zain Mustofa A220090172, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan
 (PKn)  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Surakarta,2012,ix+75 halaman (termasuk lampiran).

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi kedaulatan rakyat dalam sstem pemerintahan indonesia melalui penggunaan strategi Word Square kombinasi Question Student Have. Partisipasi siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran ceramah yang bervariasi, penugasan dan tanya jawab yang diharapkan akan meningkatkan partisipasi siswa. Hasilnya penggunaan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan partisipasi siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square kombinasi Question Student Have. Subjek  pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sidoharjo yang berjumlah 31 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Word Square kombinasi Question Student Have partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PKn materi kedaulatan rakyat pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sidoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 31 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa pada materi kedaulatan rakyat pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sidoharjo tahun ajaran 2011/2012 yaitu meningkatkan partisipasi dalam mengerjakan soal, membuat kesimpulan dari materi, berpendapat serta menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 11 siswa (35,50%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Word Square kombinasi Question Student Have, siklus I meningkat menjadi 19 siswa (61,30,%) dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa (83,87%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Word Square kombinasi Question Student Have mampu meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran PKn materi Kedaulatan Rakyat di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Word Square kombinasi Question Student Have, Partisipasi Siswa, Kedaulatan Rakyat Dalam Sistem Pemerintahan Indonesia.

Bakti Zain Mustofa

0 komentar:

Poskan Komentar