. -=[A]rep | [P]orah | blog'[S]=-: laporan karya tulis Bali
Dapatkah Engkau Selalu Menjagaku Dan Mampukah Engkau Mempertahankanku

6/11/2012

laporan karya tulis Bali



BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah
Seiring dengan era globalisasi yang semakin modern mengakibatkan perkembangan zaman semakin maju dalam seluruh aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial. Study tour ini merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh diabaikan. Karena dengan adanya kunjungan ke suatu tempat dapat menambah wawasan, pengetahuan serta pengalaman para siswa.
Dengan adanya study tour maka kita bisa melihat langsung keindahan alam. Dalam pelaksanaan study tour tidak hanya untuk besenang-senang, tetapi kita harus bisa membuat suatu laporan yang baik dan benar, yang akan digunakan untuk melengkapi tugas praktek kerja industri.



2.    Tujuan Pembuatan Laporan
Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini adalah :
a.    Menambah pengetahuan dan pengalaman para siswa
b.    Memberikan gambaran tentang obyek wisata di Bali
c.    Untuk memenuhi tugas dari sekolah
d.    Untuk menambah pengetahuan kami sebagai penulis khususnya dan umumnya bagi para pembaca yang budiman.

3.    Metode Penulisan
Pembuatan laporan ini penulis memerlukan data dan bahan yang menunjang isi dari karya sehingga dapat membantu menyelesaikan karya tulis ini. Penulis memerlukan sumber dan cara memperoleh data dengan membaca buku paduan tentang objek wisata di Bali, penjelasan dan pemandu yang telah disediakan oleh sekolah pada saat perjalanan, pengamatan secara langsung objek yang dikunjungi serta dan perpustakaan.

                                               
BAB II
PEMBAHASAN
     Study

a.      Bali TV
Bali TV adalah stasiun televisi swasta siaran gratis berjaringan terestrial di Indonesia yang berpusat di Bali, berdiri dibawah kepemimpinan Satria Naradha yang merupakan pemimpin Kelompok Media Bali Post. Kekuatan daya pancar saat ini adalah 10 kilo watt yang dipancarkan dari Bukit Bakung, Jimbaran di channel 39 UHF untuk wilayah Denpasar dan 51 UF untuk wilayah Singaraja dengan kekuatan daya pemancar sebesar 2 kilo watt di Desa Anturan.
Dengan motto Matahari Dari Bali, Bali TV hadir sebagai program yang memfokuskan terhadap kebudayaan, adat istiadat, dan keunikan yang khas dari Pulau Bali. Selain itu, motto Matahari dari Bali ini juga berasal dari nama perusahaan tersebut, yaitu "Rhanada". Jika dijabarkan, arti "Rha" adalah bahasa Yunani yang berarti Matahari, sementara "Nadha" dalam bahasa sansakerta berarti mencerahkan. Dan bila disatukan, maka Matahari yang mencerahkan adalah motto dan logo Bali TV hingga saat ini.
Sejak Oktober 2005, Bali TV bisa disaksikan di seluruh Indonesia dengan satelit Palapa C2.
Stasiun televisi lokal yang berada dalam jaringan Bali TV adalah:
·                 Bali TV
·                 Aceh TV
·                 Bandung TV
·                 Semarang TV
·                 Sriwijaya TV
·                 Surabaya TV
·                 Jogja TV

                                       
b.       Dewata Konveksi

Menurut Parampara Paiketan Paguron Suling Dewata, yang menuturkan jaman Bumi Lawas, yaitu jaman sebelum perhitungan Caka dikenal di Bali, dimana pulau Bali atau Bali Dwipa pada waktu itu masih merupakan hutan belantara yang teramat lebat bahkan sampai matahari tidak mampu menerobosnya walaupun disiang hari , sehingga hutan selalu dalam kegelapan. penduduk Bali sangat jarang dan mereka hidup di tengah tengah hutan belantara sebagai pertapa sepanjang hidupnya , untuk mencari suara dalam sepi dan mencari terang dalam kegelapan. mereka makan dari daun daunan, tidak memakan buah buahan yang manis, dan tidak juga makan mahluk hidup yang berjiwa. mereka semua tahu jenis pohon yang daunnya dapat dimakan , yang beracun, maupun yang memiliki khasiat obat obatan. tujuan hidupnya hanya satu yaitu melanjutkan tradisi leluhurnya ( Pustaka Parampara Seruling Dewata, sloka 4-6 ).
Pada masa Bumi Lawas ini di Bali Dwipa hanya ada sebuah Perguruan yang maha besar yang meliputi seluruh Bali Dwipa. keberadaan perguruan ini bebas, tanpa ikatan, tidak saling mengenal namun merasa diri satu. Perguruan tunggal ini diberi nama Paguron Sunia Nala Twara. dan sejalan dengan perkembangan waktu, timbul keinginan mereka untuk melestarikan dan mewariskan ilmu atau kepandaian yang dimilikinya . untuk itu mereka mulai menghimpun kepandaian masing masing dalam himpunan ilmu Kesakten. kelompok kelompok pertapa dengan ilmu yang aneh aneh dan teramat dahsyat mulai bermunculan . kelompok yang kecil membentuk kelompok yang lebih besar dan sampai akhirnya terbentuklah dua kelompok besar di Bali Dwipa , yaitu Paguron Surya dan Paguron Ardha Candra, Paguron Surya memiliki 11 cabang dan Paguron Ardha Candra memiliki 12 cabang dan salah satu cabang dari Paguron Ardha Candra adalah Paguron Suling Dewata yang meiliki 72 jenis ilmu silat ( Pustaka Parampara Seruling Dewata, sloka 14-18 )
Masyarakat Bali patut berbangga hati bahwasanya para leluhur Bali terdahulu telah mewariskan tradisi adi luhung, yang hingga kini tetap dilakukan secara turun temurun melalui parampara Paiketan Paguron Suling Dewata. Tradisi luhur ini pernah menjadikan Pulau Bali yang kita cintai sebagai Pancer Spiritual Dunia. Tidak itu saja, kehebatan Ilmu Silat Bali Kuno yang berasal dari pertapaan Chandra Parwata juga pernah menggegerkan dunia persilatan.

  
3.  Wisata

a.      Bedugul

Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang paling dangkal, di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Hasil pertanian disini yang paling banyak dijumpai adalah buah buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila.
Danau Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan. Danau Bedugul ini merupakan tempat wisata pilihan di Bali, Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya.. Kawasan wisata Bedugul, yang terletak di kabupaten Tabanan, menawarkan suasana perbukitan yang menyejukkan dan keindahan danau Tamablingan. Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah. Untuk menikmati keindahan danau di sini, cukup dengan menyewa speed boat anda dapat berkeliling danau. Dekat dengan danau ini juga anda dapat menikmati hidangan santap siang di restoran lokal dengan menu masakan Indonesia maupun juga internasional.
Potensi
Dibanding kawasan wisata lain di Bali, Bedugul memang beda. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Biasanya, wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan ‘berkelas’. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan.Wisatawan juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau sembari berperahu keliling danau atau memancing. Dengan biaya sekitar Rp.85.000 bisa mengelilini danau dengan speed boat.. Jika enggan berperahu atau memancing, bisa duduk berlama-lama di restoran di tepi danau sambil melepas pandangan jauh ke tengah danau yang sangat indah dengan hamparan air yang jernih..

Sarana dan prasarana
a.    Kios Cindera mata
Disekitar danau bedugul terdapat kios-kios yang menjajakan oleh-oleh khas bali sepert asesoris, pakaian, lukisan, dan patung khas bali dan lain-lain. Untuk harga yang ditawarkan pada kios ini relative lebih murah dibandingkan dengan pusat oleh-oleh yang ditawarka oleh guide                                               
b.    Kios buah
Kios buah yang ada di bedugul menawarkan buah-buah hasil pertanian disekitar danau tersebut seperti stawbery, salak, marquisa dan buah-buah
yang lain.Kios-kios ini berdiri berjajar di sekitar jalan menuju danau bratan. Harga yang ditawarkanpun juga tidak terlalu mahal.
c.    Penyewaan speed boat dan perahu
Penyeawaan speed boat biasanya terdapat ditepi danau yang siap mengantarkan para wisatawan untuk mengelilingi danau satu kalimputaran. Harga yang ditawarkan untuk satu kali putaran sekitar Rp. 85.000 untuk sekitar 5 orang dalam satu kali trip.
d.    Hotel dan restoran
Bedugul bukanlah kawasan wisata yang mahal. Harga makanan dan tarif penginapan relatif murah. Ingin menginap dengan tarif Rp 40 ribu per malam Tak sulit mendapatkannya di Bedugul, yang dikenal sebagai kawasan penghasil dan pemasok sayur-sayuran untuk Denpasar. Namun, jika menginginkan penginapan yang lebih bergengsi, bisa memilih sebuah vila berisi dua kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur dengan tarif Rp 300 ribu per malam.Untuk harga makanan di Bedugul relatif lebih murah. Hanya dengan Rp 6.000, sudah dapat menikmti satu porsi nasi campur dan segelas teh manis. Untuk makanan khas Bedugul yakni satai kelinci. Harganya cukup murah, hanya Rp 6.000 untuk satu porsi atau sepuluh tusuk.

b.      Jogger Luwus
Joger adalah produk kaos asli Bali yang hanya dijual di pulau Bali dan hanya menempati satu toko di kawasan Kuta. Sang pemilik yang bernama Joseph Theodorus Wulianadi memang mengonsep penjualan kaosnya ini dengan strategi semacam itu. Dia tidak mau membuka Joger di kota lain selain Kuta. Jangankan kota lain, ditempat lain dikota yang sama yaitu Kuta saja dia juga tidak mau. Harapannya bisa ditebak, agar merek kaos pabrik kata-kata asli Bali ini bersifat ekslusif dan sulit dipalsukan.Adalah omong kosong kalau ada yang mengaku mendapatkan kaos ini di pasar Klewer Solo misalnya. Juga sama bullshitnya kalau ada yang mengaku membeli kaos ini di Ancol Jakarta. Pokoknya kalau mau kaos Joger Bali, ya belinya harus di Kuta Bali. Ada satu slogan kata-kata yang begitu menancap dibenak saya kalau melintas depan toko Joger, yaitu: INI TEMBOK JOGER, BUKAN TEMBOK BERLIN. Hehe..Nih kata-kata memang sarap tenan. Sejak saya mengunjungi toko ini pertama kali waktu acara rekreasi SMA kelas 3 tahun 1997, sampai.
                                           
sekarang tulisan itu masih bisa membuat saya cengar-cengir geli. Ya iyalah itu memang temboknya Joger, bukan tembok siapa-siapa! Gokil abis tulisan itu .
Lokasi toko Joger Bali terletak di jalan Raya Tuban Kuta. Hanya berjarak sekitar 4 km dari bandara Ngurah Rai Bali. Posisinya sangat strategis berada persis di persimpangan jalan Utama yang padat dilalui lalu lalang kendaraan. Posisinya yang berseberangan dengan hotel Ratna yang menyasar tamu domestik dan supermarket Supernova menambah pas lokasi itu. Maka bisa dibayangkan, untuk toko sekaliber Joger, dengan luas areal bangunan yang tidak terlalu besar itu, yang namanya kemacetan lalu lintas kerap terjadi. Coba saja melintasi daerah sana sekitar sore hari menjelang sunset, apalagi pas hari sabtu atau minggu. Wadooww..Gak kuat mak! Macet puol! Saya mungkin bisa memahami betapa Pak Joseph ini sebenarnya puzing tujuh keliling memikirkan gimana caranya mengatasi keruwetan ini. Serba salah memang. Mau merperluas bangunan kayaknya sudah gak mungkin. Disana sudah sangat crowded bangunannya. Lagian harga tanahnya pasti mahal minta ampun. Tidak diperluas yang ada ya yang kayak gini nih, zuper crowded.
Dari pada memikirkan keruwetan lalu lintas didepan kantornya itu, bagi kita para konsumennya mending cukup ‘unjuk rasa’ aja ke dia kalau harga kaosnya itu mahal banget. Bandingkan sendiri saja deh dengan kaos merek lain. Tapi bagaimanapun, dari sisi bisnis, kita patut mengacungkan jempol buat dia. Mungkin memang itu salah satu keberhasilan strategi bisnis Joger, bisa menjual dengan harga tinggi karena keekslusifan produk yang mereka pasarkan.
c.      Sangeh
Sangeh merupakan tempat wisata alami dan memiliki atraksi utama ratusan monyet-monyet (kera).Lokasi di desa Sangeh, kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung.Di sini terdapat sebuah pura kecil diselimuti lumut hijau tersembunyi di sela-sela hutan pala yang menjulang tinggi itu. Di punggung sebuah tugu pura tersebut dipahat patung Garuda, seekor burung mistik yang di dalam cerita Samudramantana dikisahkan sedang mencari tirta Amerta di dasar samudra, kemudian atas jasanya oleh Betara Wisnu, dihadiahkan seteguk kepadanya, akhirnya Garuda menjadi kendaraan setia Bathara Wisnu. Legenda lain menceritakan bahwa penghuni hutan tersebut adalah prajurit kera yang kelelahan di dalam pertempuran membunuh Rahwana. Kera-kera itu jatuh bersamaan dengan bungkahan gunung dan
                                         
hutan yang dipakai menghimpit tubuh Rahwana kemudian menetap di hutan itu.Cerita lain juga mengatakan bahwa seorang putri kerajaan Mengwi bernama Mayangsari yang sedang kasmaran, gagal bertunangan, akhirnya melarikan diri ke hutan terdekat dan menjadi seorang pertapa.Di dalam pelariannya itu dia tidak memakai sehelai pakaian pun, sehingga harus memakai rambutnya yang panjang untuk menutupi bagian tubuhnya yang paling terlarang. Dia gagal mewujudkan impiannya dan meninggal secara gaib. Masyarakat setempat percaya, bahwa dewi itu kini menjadi Bethari Mayangsari.
d.      Sanur

Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di Kotamadya Denpasar.
Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta [1]. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana. Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.Selain itu, pengunjung bisa melihat Matahari terbit dengan berenang di pantai. Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.Sepanjang tempat wisata pantai Bali ini sekarang sudah dilengkapi dengan penunjang wisata berupa hotel, restoran ataupun kafe-kafe kecil serta art shop. Salah satu hotel tertua di Bali dibangun di pantai ini. Hotel ini bernama Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai. Selain itu, sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area pejalan kaki yang seringkali digunakan sebagai jalur jogging oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal. Jalur ini terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu,
                                                   
pantai Karang hingga Semawang sehingga wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari.

e.      Braja Shandi
Monuen Bajra Shandi sebagai monumen perjuangan masyarakat Bali? Bajra Shandi begitu berarti bagi masyarakat Bali sebagai simbol perjuangan. Monumen Bajra Shandi sendiri didirikan untuk menghormati para pahlawan Bali khususnya yang gugur dalam perjuangannya, sekaligus juga monumen ini bisa berfungsi sebagai penjaga spirit kebangsaan dan keutuhan NKRI. Hal demikian terlihat dari simbol yang ada disana, yakni 17 anak tangga di pintu utamanya, 8 buah tiang agung yang terdapat di gedung monumen, dan tingginya sampai 45 meter yang menyimbolkan momentum kemerdekaan Indonesia pada 17-8-1945.Disamping itu, monumen ini juga menggambarkan sebuah genta yang tinggi menjulang di tengah padma dengan melambangkan pertemuan antara lingga dan yoni yakni sifat maskulinitas dan sekaligus feminitas. Harmonisasi dari keduanya tersebut dipercaya akan melahirkan kesuburan dan kemakmuran. Monumen Bajra Sandhi juga merupakan konsepsi Tri Mandala. Dimana bagian inti disebut Utama Mandala, bagian tengah yang mengitari bagian inti dinamakan Madya Mandala, dan bagian bawah yang mengitarinya merupakan Nista Mandala.

BAGIAN-BAGIAN MONUMEN
Di bagian Utama Mandala sendiri terdapat tiga lantai yakni Utamaning Utama Mandala, lantai atas monumen ini merupakan sebuah ruangan yang dapat memberikan ketenangan, suatu tempat dimana setiap pengunjung bisa menikmati pemandangan yang ada di sekeliling monumen. Di lantai inipun dipajang 33 diaroma yang menggambarkan sejarah peradaban manusia Bali dari sejak masa pra-sejarah sampai masa kemerdekaan.Di sekeliling ruangan ini terdapat teras terbuka untuk menikmati pemandangan sekeliling. Lantai di bawahnya lagi dinamakan Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar gedung Monumen. Di sini terdapat ruang informasi, ruang perpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, dan toilet. Di tengah-tengah ruangan tersebut terdapat kolam yang diberi nama Puser Tasik. Di kolam itulah tertancap delapan tiang agung dan tangga naik berbentuk tapak dara (tanda tambah)                                                   
f.    Tanjung Benoa
Tanjung Benoa yang terletak di ujung timur "sepatu" pulau Bali, merupakan salah satu tujuan wisata air yang cukup lengkap. Berbagai sarana olahraga air disediakan disini seperti, banana boat, snorkling, flying fish, parasailing dan jetski. Uniknya olahraga surfing yang banyak dijumpai di pantai-pantai lain dari pulau bali, justru tidak tersedia di objek wisata ini, hal ini dikarenakan ombak yang ada dilokasi wisata ini cenderung tenang, sehingga kurang cocok untuk olah raga surfing. Harga yang dikenakan kepada pengunjung untuk menikmati berbagai sarana olahraga air tersebut berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu. Dengan harga tersebut secara tertulis disebutkan bahwa pengunjung bisa menikmatinya dalam kurun waktu 10-15 menit. Namun kenyataan yang saya alami hanyalah sekitar 5 menit. Mungkin dikarenakan saat itu antrian pengunjung yang ingin mencoba cukup banyak sehingga jatah waktu dikurangi cukup drastis. Bahkan beberapa turis luar, nampak berusaha menyela antrian mengingat mereka merasa membayar lebih mahal dibandingkan turis lokal. Pantai yang dangkal disekitar pulau penyu, mengakibatkan perahu tidak bisa merapat hingga ke bibir pantai. sehingga pengunjung mesti berjalan kaki menyusuri laut untuk mencapai pusat penangkaran penyu.
Satu paket dengan perjalanan ke Pulau Penyu, pengunjung juga bisa melihat objek wisata bawah laut. Perahu yang digunakan, telah didesain sedemikian rupa sehingga pada bagian dasar tengah perahu telah dipasang kaca yang memungkinkan bagi pengunjung untuk melihat dasar laut yang dangkal tanpa perlu berbasah-ria. Dari dalam perahu pengunjung bisa melihat ikan-ikan khas air laut yang kaya akan warna di bagian tubuhnya. Agar ikan-ikan tersebut mau berkumpul pengemudi kapal menebarkan roti tawar kelaut sebagai pancingan. Tidak butuh waktu lama untuk menunggu ikan tersebut untuk datang, sayangnya jenis ikan yang datang kurang bervariasai sehingga kurang menarik untuk dinikmati.Secara keseluruhan, Tanjung Benoa layak untuk dikunjungi sebagai alternatif wisata air. Hal yang sedikit mengganggu adalah tidak adanya transportasi umum yang hilir mudik didaerah tersebut sehingga umumnya pengunjung yang datang menggunakan bus-bus pariwisata, kendaraan sewa maupun pribadi.
g.      Dream Land
Pantai Dreamland yang secara harfiah memiliki arti “pantai/ tanah impian”. Cerita berawal dari sebuah proyek perumahan dan objek wisata yang terpaksa mesti terhambat dan terbengkalai
 Sementara di lain sisi warga masyarakat di daerah tersebut begitu berharap proyek tersebut bisa diteruskan supaya kehidupan mereka yang tadinya hanya sebagai petani bisa terangkat jika daerahnya dialihfungsikan menjadi desa pariwisata. Mungkinkarena begitu besarnya harapan dari penduduk untuk menjadikan lahan atau tanah yang dipijaknya itu menjadi sumber penghidupan yang layak dari sektor pariwisata maka disebutlah lokasi tersebut sebagai “Dreamland” yang artinya “tanah impian”. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Airnya pun masih tampak sebening Kristal. Karena tempatnya yang sepi dan tekstur ombaknya yang bisa dibilang lumayan bagus buat surfing, banyak wisatawan mancanegara untuk datang kesini. Tempat ini juga memiliki karang yang luar biasa unik. sering sekali digunakan untuk pemotretan prewedding, model atau bahkan untuk shooting film yang ditayangkan di Indonesia dan luar negeri. Karang ini juga yang menambah nuansa erotis dan romantis dari Pantai ini disamping sunsetnya. Siapapun bakal terpukau dengan keindahan dan eksotisme Pantai Dreamland ini.
Dreamland berada di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, yang terletak di bagian selatan Pulau Bali. Anda dapat mencapai pantai ini sekitar 30 menit dari Pantai Kuta ke arah Jimbaran. Pantai yang masih asri dan alami ini terletak di ujung selatan Badung Selatan. Anda akan menjumpai pantai ini dalam perjalanan menuju pura terkenal di Bali yaitu Pura Uluwatu.

h.      Pantai Kuta
          Kuta (Pantai Berpasir Putih) adalah tujuan wisata terfavorit di Bali. Area Kuta sangat terkenal dipenjuru dunia dimana terdapat Pantai Kuta yang indah. Di pantai ini akan kita jumpai berbagai macam pengunjung pantai mulai dari bule Eropa, Asia dan Amerika, sampai 'bule lokal' dari pulau Jawa, Jakarta, dsb. Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.
Pantai Kuta adalah sebuah magnet bagi beachgoers, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mendapatkan banyak tan-didambakan. Berbaring di pantai mengenakan bikini atau celana pendek dan kacamata hitam bisa menjadi cara mudah untuk menghabiskan hari di Kuta atau Anda dapat menyewa kursi panjang matahari hanya sekitar Rp 30.000 per hari.
Pantai Kuta terkenal dengan memecah gelombang dan air setinggi pinggang, sehingga seperti pantai yang sempurna untuk berselancar pemula. Untuk mendapatkan beberapa pengetahuan dasar tentang surfing, mendaftar untuk pelajaran dengan salah satu sekolah surfing terkenal terletak tepat di depan pantai seperti Odysseys, Rip Curl Surf Sekolah atau Surfer Girl Surfing School.

g.     Tari Barong

                 Tari  BARONG adalah suatu tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan. “BARONG” adalah makhluk mithologi yang mewakili kebaikan dan makhluk yang menggambarkan kejahatan adalah “RANGDA”.

       Kalika adalah murid Rangda yang paling sakti ilmunya. Kalika bermaksud menghadap Sahadewa untuk memohon pengampunan sebagaimana Rangda dulu memohon kepada Sahadewa. Tetapi Sadewa menolak permintaan ini sehingga murkalah Kalika dan mengajak Sahadewa untuk berduel. Dalam pertempuran ini Kalika beberapa kali merubah wujud dirinya pertama menjadi Babi Hutan tetapi berhasil dikalahkan oleh Sahadewa. Kalika berubah lagi menjadi Burung Gagak yang besar tetapi dapat pula dikalahkan oleh Sahadewa. Terakhir Kalika berubah mengambil perwujudan Rangda. Karena saktinya Rangda ini Sahadewa menjadi kewalahan melawannya. Berusaha untuk memenangi pertempuran. Sahadewa berubah wujud menjadi menjadi Barong. Mereka terus bertempur sampai ada yang kalah, tetapi sama saktinya tidak ada yang menang ataupun kalah sehingga pertarungan inipun menjadi abadi dan dimana ada kejahatan disitu pula akan ada kebaikan yang akan terus bertempur melawan kejahatan.                                                

h.         Pasar Seni Sukowati

Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali merupakan tempat dijualnya barang-barang seni khas Bali sehingga cocok dijadikan oleh-oleh Bali untuk teman, saudara, atau sanak keluarga Anda. Barang-barang yang dijual cukup menarik dan harganya pun miring. Mulai dari sandal manik-manik, celana pendek khas Bali,  pakaian,  batik,  tas, lukisan,  patung kayu, bed cover,  alat-alat rumah tangga sampai pernak-pernik dan perhiasaan dijual disini.
Bagi yang punya keahlian menawar, disini jangan takut menawar, penjual tidak akan marah kalau kita menawar dengan harga rendah. Sepasang sandal manik-manik kalau kita pandai menawar bisa kita beli seharga sepuluh ribu rupiah. Pasar Seni Sukawati ini terletak di daerah Gianyar tidak jauh dari daerah Ubud, waktu tempuh 1 jam dari Kuta atau 1,5 jam dari Bandara Ngurah Rai Bali dengan perjalanan darat.Bila merasa kurang puas dengan harga yang sedang dinegoisasi, jangan takut untuk meninggalkan si penjual. Selama harga tersebut masih menghasilkan untung bagi si penjual, pasti Anda akan dipanggil kembali.
Barang yang paling laku biasanya sandal, pakaian, dan barang-barang seni khas Bali. Kalau mau belanja, sebaiknya pagi hari. Karena pada pagi hari sekitar pukul 8– 10, para penjualnya baru selesai sembahyang. Nah menurut kepercayaan mereka, apabila berhasil jualan di pagi hari, maka akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam kedepannya. Hal ini biasa disebut sebagai “penglaris”.Pasar Seni Sukawati telah berdiri dari tahun delapan puluhan (80-an). Buka jam delapan pagi sampai jam enam sore. Kecuali hari Galungan dan Nyepi, Pasar Sukawati buka setiap hari dan biasanya ramai pada hari Minggu atau hari libur.
  
                             BAB III
                          PENUTUP
1.    Kesimpulan
Dalam pembuatan laporan study tour ini dapat ditarik kesimpulan antara lain :
1.   Pembaca dan penulis dapat mengetahui obyek wisata yang ada di Bali
2.   Menambah wawasan pembaca dan penulis tentang bagaimana membuat laporan tau karya tulis
3.   Untuk menambah nilai siswa, guna menunjang nilai untuk kelulusan
4.   Penulis dan pembaca bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

2.   Saran
       Setelah kami menyelesaikan pembuatan karya tulis ini ternyata masih perlu mendapat perhatian dari pihak-pihak yang besangkutan dalam member saran. Dan semoga karya tulis ini lebih dapat dimanfaatkan lagi.
3.  PENUTUP
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga penyusun Laporan ini bisa terselesaikan dengan baik, karena kemampuan yang ada pada penulis sangat terbatas maka penyusun Laporan ini belumlah sempurna dan masih sangat sederhana serta masih sangat kurang. Untuk itu kami mohon kritik dan saran yang membangun dari para pembaca supaya lebih baik. TERIMA KASIH.

























1 komentar: